Makanan yang Bisa Membuat Rambut Sehat


Rambut adalah mahkota kaum hawa. Tak jarang banyak perempuan rela merogoh kocek dalam-dalam  hanya untuk membeli produk perawatan rambut demi mendapatkan rambut yang sehat.

Tidak ada salahnya memang. Namun untuk mendapatkan rambut yang sehat justru semuanya bermula dari dalam tubuh, bukan hanya dari vitamin yang terkandung dalam produk perawatan rambut saja.
Kondisi rambut yang sehat sebetulnya ada pengaruh yang kuat dari hormon tubuh, entah dari obat-obatan yang Anda minum atau makanan yang Anda konsumsi.

Buktinya, ketika seorang wanita sedang hamil, kandungan progesterone dan estrogen sedang berada di puncaknya sehingga membuat rambut terlihat lebih kuat. Namun pasca melahirkan, hormon tersebut mulai berkurang yang mengakibatkan rambut rontok.

Anda juga patut waspada dengan obat-obatan yang Anda minum. Obat kontrasepsi misalnya. Meski memiliki kandungan progesterone dan estrogen, obat ini justru tidak baik buat rambut Anda. Menurut Neil Sadick, MD, seorang ahli dermatologis berbasis di New York, proses pemecahan hormon progesterone yang terjadi dalam obat tersebut dapat menyebabkan rambut wanita menjadi tipis.  Obat antidepressant dan pil untuk tekanan darah tinggi juga dapat membuat rambut menipis.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Cara simpel menangkalnya adalah dengan memerhatikan makanan Anda. Medical Daily belum lama ini melansir jenis makanan yang dapat menyehatkan sekaligus mempercantik rambut Anda. Makanan apa sajakah itu?

Seafood
Kerang dan salmon adalah beberapa jenis makanan laut yang sehat. Kandungan zinc yang dikandungnya dapat mempertahankan kesehatan rambut. Ikan salmon kaya akan lemak asam omega-3 yang sangat penting untuk kesehatan kulit kepala.

Sayuran Hijau Gelap
Sayuran berwarna hijau gelap seperti Bayam, brokoli, swiss chard,  mengandung vitamin A dan C yang dapat memproduksi sebum
yaitu conditioner alami tubuh Anda.

Buah-buahan AntiOksidan Tinggi
Buah-buahan seperti apel dan strawberry memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Zat ini membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan kekurangan nutrisi.

Telur
Menurut Web MD, telur kaya akan biotin dan vitamin B-12 yang dapat berperan sebagai nutrisi kecantikan.

Whole grain
Whole grain atau serelia utuh adalah sumber terbaik beberapa jenis mineral dan vitamin, terutama iron. Menurut Sadick, iron sangat penting dalam proses perubahan rambut dan  peremajaannya.

Ayam
Daging ayam juga merupakan sumber terbaik iron. Tanpa asupan ayam yang cukup, rambut akan terasa kaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: